Tentang Pendulum

 

PENDULUM, sebuah komunitas Kajian Budaya dan Media, bertujuan mengajak tiap orang yang punya kreativitas dan daya kritis lebih untuk berbagi analisis serta refleksinya mengenai realitas sosial-kemasyarakatan hari ini.

Pendulum itu bandul yang digerakkan: mengayun sesuai dengan kehendak relasi kuasa sehingga membentuk pola yang hegemonik. Bentuk hegemonik inilah yang akan dilawan melalui resistensi dan negosiasi.

Kajian budaya dan media makin tak dapat terlepas dari kehidupan manusia. Media kini dipahami sebagai arena yang tak sekadar transmisi pesan tapi juga gelanggang kontestasi yang tiap kepentingan ideologis berseteru. Sedangkan di sana terdapat budaya yang dimaknai sebagai praktik-praktik penandaan.

Nilai fundamental yang diupayakan Pendulum adalah kesetaraan. Kami memahami bahwa setiap individu memiliki peran masing-masing, sehingga kerja-kerja kolaboratif akan bergerak secara egaliter. Relasi horizontal inilah yang hendak ditegaskan Pendulum sebagai komunitas belajar yang tiap agen di dalamnya saling berendah hati untuk tumbuh bersama mengeksplorasi pengetahuan.

Bella Irmenna Puteri (1994)

S1 Ilmu Komunikasi, UII

Media Sosial

Benny Widyo (1993)

S1 Fotografi, ISI Yogyakarta

Artistik

Eni Simatupang (1994)

S1 Ilmu Komunikasi,

UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Riset

Ilham Muammar Shidiq (1993)

S1 Hubungan Internasional, UMY

Lokakarya

Nugrahanto (1996)

S1 Ilmu Pemerintahan, UMY

Diskusi

Rahma Novita A. P. (1995)

S1 Komunikasi & Penyiaran Islam,

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keuangan

 

Rony K. Pratama (1993)

S1 Pendidikan Sastra

& Bahasa Indonesia, UNY

Publikasi